• May 2008
    M T W T F S S
    « Apr    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  

HP Compaq DC7800

HP Compaq DC7800Tidak seperti kebanyakan All-in-One PC lainnya, layar Compaq dc7800 fleksibel untuk dinaikturunkan.

PC gendong. Begitulah kami menyebutnya. Anda pasti akan setuju jika menilik foto HP Compaq dc7800 di bawah. Jika digambarkan dengan kata-kata, produk ini memang sebuah casing ukuran mini-ATX yang digendong sebuah monitor LCD berukuran 17 inci.

Tujuan desain “gendong” ini adalah sebuah PC desktop yang ringkas dan hemat tempat. Tujuan ini cukup berhasil, meski sejujurnya jauh dari kesan keren seperti ditunjukkan All-in-One PC lain seperti Apple iMac atau NEC P5000.

Untungnya secara desain, Compaq dc7800 terlihat kokoh. Sambungan antara monitor dan casing terlihat lekat tanpa ada kesan longgar, bahkan monitor bisa dinaikturunkan sekitar 5 cm. Keluwesan ini bisa dianggap sebuah kelebihan karena One PC lain cuma bisa diatur kemiringannya. Bobot totalnya juga cuma 3,2 kg, membuatnya mudah dipindah-pindah.

Karena sejatinya adalah PC desktop, Compaq dv7800 juga menggunakan komponen PC untuk desktop. Ini berbeda dengan iMac atau NEC Powermate P5000 yang menggunakan komponen notebook. Anda bisa melihat spesifikasi lengkap PC ini di tabel spesifikasi, namun yang perlu kami garisbawahi adalah penggunaan prosesor Intel E2180. Prosesor ini adalah prosesor dual core dengan kecepatan 2GHz, dan termasuk kelas low-end karena cuma memiliki L2 cache 1MB. Namun jangan khawatir soal kinerjanya, karena seperti terlihat dari tabel hasil pengujian, prosesor ini mampu melewati pengujian kami dengan catatan waktu yang memuaskan.

Konektor yang disediakan PC ini cukup sederhana, meliputi 8 port USB 2.0 (2 buah di depan), D-sub 15 pin, DVI, dan audio. Untuk terhubung ke jaringan, tersedia konektor Gigabit Ethernet namun tanpa WiFi. Karena semua berada di bagian belakang layar, agak sulit untuk menjangkau semua konektor tersebut. Pada awalnya kami juga khawatir keluaran panas casing yang menyembur ke sisi kanan akan mengganggu kenyamanan, namun ternyata hal tersebut tidak menjadi masalah berarti.

Compaq dc7800 ditujukan untuk segmen kantoran, tercermin dari penggunaan sistem operasi Windows Vista Home Business dan keberadaan aplikasi HP Protect Tools Security Manager. Aplikasi ini memiliki banyak kegunaan, namun satu yang menonjol adalah Drive Encryption. Aplikasi ini bertujuan mengenkripsi harddisk sehingga hanya orang yang berhak yang dapat mengakses data di dalamnya. Sebuah fasilitas penting jika data yang tersimpan di dalamnya begitu berharga.

***
Meskipun tidak cantik, konsep “gendong” yang diperkenalkan HP melalui Pavilion dc7800 berhasil menyajikan komputer yang ringkas dan hemat tempat. Mengandalkan prosesor Intel E2180, performa yang ditunjukkan PC ini lebih dari memadai untuk kegiatan kantoran biasa. Ditambah aplikasi pendukung yang fungsional, Compaq dc7800 layak menjadi pengganti PC lama Anda yang boros tempat itu.

Plus : Ringkas; kinerja bagus; dilengkapi aplikasi HP Protect Tools Security Manager
Minus : Konektor agak susah diakses; tanpa WiFi.

Sumber : http://www.infokomputer.com/

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: